Minggu, 07 Juni 2009

Orion Constellation


Tadi saya di tag temen saya di note FB nya yang berisi tentang arti nama dia: Lyra Carina. Kenapa saya ikutan di tag? mungkin gara2 dulu saya pernah ngmng ama dia gini : "Lil,buka deh link ini.. Ada artikel ttg konstelasi Lyra n Carina..."

Hohooo You know? bokapnya ngasih nama dia pake nama bintang! Well, saya (yang sedikit terobsesi sama benda2 langit: planet, konstelasi, bintang, komet, asteroid ato apapun itu) sebenernya kepengen juga tuh di namain pake nama bintang, keknya keren aja gitu.. Haaa.. ada ga ya bintang yang namanya Nabila? ato pengen deh nama-in sebuah bintang pake nama kita! Saya pernah baca, ada tuh lembaga resminya dari Himpunan Astronomi Dunia, Star Registry ato apa gitu namanya saya lupa.. Mekanisme nya kita mesti bayar dulu (setau saya mahal ni biayanya), terus kita bisa milih bintang yang anonim alias belum dikasih nama sama orang lain.. tapi bintang yang anonim kebanyakan tinggal bintang2 kecil yang ga bisa diliat langsung pake mata bugil. Setelah dapet bintang yang dirasakan cocok, kita di kasih sartifikat perbintangan gitu, ada nama kita dan lokasi bintang nya. Sartifikat ini menjamin kalo bintang itu telah secara resmi dinamai pake nama kita! Seru gila... huahahha.

Ngomongin soal bintang.. Dari kecil, Saya punya hobi ngeliatin bintang kalo malem lagi cerah. Kedengeran ga da kerjaan bener ya, tapi saya suka aja. Walopun hobi kaya gitu udah muncul dari saya kecil dan mengaku terobsesi sama ilmu falak, jujur lagi ni, pengetahuan saya ttg bintang kaya nya cuma gini2 aja! huaha.. saya ga hapal sama rasi bintang, yang saya kenali bentuknya paling cuma si cassiopeia ato rasi bintang favorit saya: ORION! Konstelasi ini gampang banget di kenali, dia punya dua bintang utama dan tiga bintang sabuk yang berbaris tegak lurus dengan dua bintang utama itu. Kalo di Indonesia rasi bintang ini muncul di arah barat (gampangnya kamu berdiri ngadep kiblat terus arahin pandangan kamu sekitar 75 derajat ke arah atas, Insya Allah ketemu tuh rasi! ^^). Dua bintang utamanya: si Betelgeuse(merah) dan Rigel(biru) tampak menyolok dibandingkan bintang yang lain. Maklum aja dua bintang utama dalam konstelasi ini masuk dalam list "10 bintang tercerah di langit malam", versi wikipedia.



Konstelasi (rasi bintang) Orion


Di Indonesia, Orion akan terlihat seperti ini

Guys, Malem ini insyaAllah bakalan cerah seperti malem kemarin, dan La Luna alias bulan, insyaAllah dalam kondisi purnama. Kalo punya waktu senggang pantengin ya Orion nya, liat betapa indahnya lukisan Yang Mahakuasa di atas sana. Subhanallah, Mahasuci dan Mahasempurna Allah yang telah menciptakan segala keindahan.

0 comments on "Orion Constellation"

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon