Senin, 19 Oktober 2009

Tukang Sayur


Siti Maryam binti Hasan, inilah Ummi yang setia menemani hidup Abahku hingga hembusan napas terakhirnya, Ummi dan Abah ku terpaut usia delapan tahun, cukup jauh. Cinta Ummi dan Abah dipertemukan dalam indah dunia pendidikan. Abah yang guru IPA dan Ummi sang guru Agama. Ummi lain dengan Abah, jika kedondong yang asam memerlukan sejumput garam sebagai penertalisirnya, atau pedas dilidah yang butuh segelas teh manis agar pedasnya berkurang, maka seperti itulah Abah dan Ummiku. Abah yang keras perlu Ummi yang sabar di sisinya.

Abah yang cerdas membangun bisnis beca dan mengalami kemajuan, bahkan beca yang dia punya mencapai jumlah 40 beca, rejeki Abah mengalir deras, tapi jumlah beca ini yang menyulitkan Ayahku jika malam tiba, semua beca beca itu harus dirantai rodanya agar tidak ada tangan jahil yang mencuri dan membuka jalinan rantainya kembali sebelum subuh. dan bukan perkara mudah untuk merantai 40 buah beca satu persatu sendirian! Tapi suatu hari bisnis beca nya collaps, semua beca dijual hanya karena Abah terbakar nafsu untuk meng upgrade bisnis beca menjadi bisnis angkot. segenggam emas simpanan Ummi kala itu ikut dijual untuk menambah modal. namun apadaya nasib berkata lain, bisnis angkot yang di idamkan akan maju pesat ternyata hanya khayal belaka, Abah dan Ummi ku bangkrut, dan mesti mulai semuanya dari nol lagi.

Semenjak Ayahku lahir, Ummi memutuskan untuk berhenti bekerja, ia lebih suka mengurus anak nya dirumah. Untuk membantu perekonomian keluarga, ummi membuka toko manisan di depan rumah, model, empek-empek dan tekwan adalah barang dagangan utamanya. pagi sebelum subuh Ummi kepasar dengan keranjang bambu dipunggungnya untuk membeli sayur mayur, sayur itu kemudian dijajakan keliling, begitu hari beranjak siang dan sayur telah laku, giliran manisan dirumah yang menunggu untuk dijajakan. Itulah Ummiku, sang penjual sayur gendong.

0 comments on "Tukang Sayur"

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon