Sabtu, 11 Juli 2009

Indonesia di Mata Dunia


Kemarin saya menemukan suatu situs khusus chatting yang cukup unik, slogannya "Talk to Stranger". Di situs itu kita dihadapkan dengan satu dari sekitar hampir 3000an user online tanpa identitas yang ditentukan secara acak. Kerjaan yang bisa di bilang ga produktif banget, tapi paling tidak sedikit membantu saya menghabiskan masa liburan panjang yang membosankan seperti ini.

Pengguna situs ini ternyata cukup banyak yang bisa diajak ngobrol santai tapi serius, walaupun masih juga ada beberapa user yang negatif mulu pikirannya, make love lah, cyber sex lah.. Huh! Yaa, hal yang biasa menurut saya, situs seperti ini emng jadi inceran orang2 piktor buat cari sasaran. Saat chat, Kita di advice untuk tidak menanyakan identitas sebagai pembuka percakapan, jadi sebagai kalimat pembuka, iseng saja bertanya seperti ini pada setiap rekan chat saya: "What's in ur mind if i say a Indonesia?" dan dibawah ini beberapa komentar orang2 mengenai negara kita, yang sempat saya save.
"I know just by name, when it flooded an people dies in 2006."

"its forest conflagration produce so much fog with toxic"

"human traffic"

"epidemic, like dysentery"

"crime and crowded"

"A Country in Asia, not more"

"Indonesia? what the hell is that??"

"is there something bad heppen on it???"
Ga banget deh, ni saya serius loh bukan sandiwara.. ini bukan juga karangan saya, tapi ini fakta! Sedih banget ternyata negara kita di pandang seperti itu oleh negara lain.. timbul pertanyaan dari dalam diri saya, Salah siapa kok Indonesia citranya jelek banget sih? Kenapa bisa yang orang tau tentang Indonesia cuma yang jelek-jeleknya aja? ato yang kita punya emang jelek seluruhnya? atau hal jelek emang mendominasi Indonesia sehingga hal yang baik jadi ga kelihatan? Well, Saya rasa sebenernya banyak hal indah yang bisa kita ekspos, banyak hal menarik yang kita punya, bukan sekedar banjir, kebakaran hutan, kriminal atau wabah penyakit. Pengen deh ntar kalo saya nanya gitu lagi orang orang pada jawab gini " O, Indonesia is nice place", ato "I wish i live there, Indonesia is so great!"... Hmm.. pertanyaannya, kapan orang2 bakalan pada komentar kayak gitu, klo kondisi indonesia kayak gini-gini aja?

Setelah segitu banyak komentar tentang Indonesia yang bikin saya ga enak ati, saya tetep menanyakan hal yang sama ketika percakapan dimulai.

"What's in ur mind if i say Indonesia?"

"Oy...!! GUE DARI INDONESIA. Lo juga yaa?? Dunia Kecil ternyata! Hahahaa.. anak mana Lo? "

Indonesia oh indonesia... no comment deh, saya sampe speechless, ini ni contoh apa adanya sosok orang indonesia! Hmm. Sahabat, sepertinya kita harus segera membenahi diri dan membuat sesuatu yang berbeda untuk mengubah citra indonesia di mata dunia! ^_^

0 comments on "Indonesia di Mata Dunia"

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon