Kamis, 28 Mei 2009

Program Pembodohan Masyarakat


Kenapa ya makin lama kok acara televisi Indonesia makin banyak 'bego' nya?? Ya walaupun saya bukan orang yang betah berlama-lama di depan televisi dan termasuk orang yang ga up to date sama dunia per'televisi'an indonesia, sedikit banyak saya tau dikit-dikit tentang apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh teman-teman sekampus. Seperti acaranya si mentalist kita yang terkenal banget itu, Deddy Corbuzier (bener ga ni tulisannya? sorry bgt klo salah :P). Jujur saya sendiri juga ga tau tujuan dari ni acara sebenernya apaan, sepertinya sih ajang kompetisi orang-orang yang punya kemampuan magic gitu yaa...? Hehehe. Saya heran, kenapa sih orang-orang pada suka n tertarik banget sama tuh acara? padahal klo diliat dan dipikir-pikir lebih jauh tuh acara sebenernya ga lebih dari sebatas acara norak, yang bisa dibilang sebagai: PROGRAM PEMBODOHAN MASYARAKAT.

Yang suka sama acara The Master jangan sewot dulu yaa... Kenapa saya bilang gitu? karena jelas orang-orang yang tertarik sama acara The Master telah ditipu dengan segala macam pertunjukan -yang katanya- menakjubkan, orang-orang yang ga ngerti bakalan penasaran dan kagum banget dg kemampuan si Limbad dkk, padahal pertunjukan tersebut hanya trik dan ilusi saja, contohnya ni, pada tau ga kalo atraksinya si Limbad yang dilindes steamroller itu cuma buah plagiat dari atraksinya criss angel?? Ntar pantengin deh video YouTube yang saya lampirkan di bawah ini.

Atraksi Criss Angel


Bandingin sama atraksi norak si Limbad!


Sekarang liat rik nya ni..


Gimana?? Udah liat sendiri kan kalo tuh acara cuma ngibulin doang?? Saya sih jauh lebih apresiatif dengan acara-acara lain yang menurut saya sangat bermutu dan berwawasan, seperti program televisi yang meng-explore adat kebudayaan Indonesia, tempat wisata di Nusantara, kehidupan masyarakat, atau kekayaan alam kita.

Banyak kok acara televisi yang menurut saya amat bagus, two thumbs up buat Trans TV dan Trans7 yang udah menanyangkan program bermutu macam Jejak Petualang, Jelajah, Rahasia Sunnah, dll. Atau seluruh acara-acara di MetroTV dan TV-One yang emang top abisss...!! Acara yang seperti inilah yang seharusnya digandrungi masyarakat karena edukasi yang disampaikan sangat jelas. Sudah saatnya mind set masyarakat kita berubah, mencari hiburan lewat televisi seharusnya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan mendidik, bukan dengan acara-acara mistik ato magic yang membodohi penonton, seperti The Master itu.

Media massa seharusnya juga memahami betul peran mereka sebagai penyampai informasi yang memiliki andil besar terhadap terwujudnya salah satu cita-cita negara kita: mencerdaskan kehidupan bangsa. Tapi yang banyak terjadi sekarang adalah masa bodoh dengan mutu acara, yang penting orang pada suka, rating jadi tinggi, alhasil banyak yang mau pasang iklan n bisa dapet untung gede! Ironis.

0 comments on "Program Pembodohan Masyarakat"

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon