Minggu, 05 Februari 2012

Hikmah di Balik Kejadian


Dua puluh dua hari yang lalu,  Mama dapet musibah. Motor yang ditumpangi Mama ditambrak mobil dari belakang. Motor nyungsep keluar dari badan jalan, dan kaki kanan emak gw dislokasi. Luka terbuka dan tulangnya ampe keluar. Emak gw harus menjalani operasi relokasi, dan sampe hari ini kondisi kakinya belum pulih sempurna. Seluruh kegiatan masih harus dilakukan di tempat tidur.

keluarga gw adalah keluarga yang masih menganut sisa-sisa jaman feodal dimana tidak ada istilah kesamarataan gender. di keluarga gw perempuan adalah kaum inferior yg bertanggung jawab atas rumah, makanan, dan hana hene kebutuhan penghuni di dalamnya. kaum laki-laki adalah yang bertanggung awab atas keamanan, angkat barang-barang, manjat-manjat, nebas ini itu, nebang ini itu, dll. Simpelnya laki-laki di rumah gw anti masuk dapur, sedangkan para perempuan anti masuk gudang. Gw ga protes, abang gw ga protes, ga ada yang protes. Kami ga memandang ini sebagai semata kekolotan dan anti-emansipasi, tapi lebih kedalam 'nilai-nilai' yang ditanamkan. Tentang kodrat. Tentang saling menghargai dan berbagi tugas dan tanggung jawab.

sebagai anak cewe satu satunya tugas yg selama ini di kerjakan oleh nyokap dan gw, automatically beralih ke gw seluruhnya. mulai dari bangun paling pagi, masak aer, bikin teh kopi dan susu anget untuk semua penghuni rumah. lanjut bikin sarapan, berbenah bersihin ini itu, masak utk dinner dan lunch, dsb.

Agak nyimpang dikit dari paragraf-paragraf sebelumnya ya. Bicara tentang resolusi yg gw bikin sebelum pergantian tahun kemarin, beberapa poin yg gw tulis disana adalah gw akan tidur lebih cepat, bangun lebih pagi, dan mengurangi begadang. Gw juga tulis disana kalo gw akan belajar beberapa jenis masakan baru. Dengan nyokap gw sakit, maka dua poin dalam resolusi gw berhasil gw capai. tapi gw kurang suka caranya.. kenapa jalan yg dikasih tuhan untuk gw adalah : nyokap gw sakit. :'(

Gimana pun. Betul apa pepatah bilang, akan selalu ada hikmah dibalik kejadian.



    

0 comments on "Hikmah di Balik Kejadian"

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon