Senin, 04 Juli 2011

Palembang Punya Misteri


Woi gw nemu harta karun!! *heboh* ceritanya kemarin malem gw iseng bongkarin file file lama di dlm lemari eksel gw ni.. ketemu lah sama satu map snel gede warna kuning, taraaaa file file musik gw beberapa tahun yg lalu! isinya banyak juga nih, dari tablature gitar akustik, chord lagu-lagu Ebiet G. Ade favorit gw dan notasi lagu-lagu perjuangan, serta lagu daerah. lawas banget ini mah, terakhir tersentuh mungkin sekitar enam tahun yang lalu dan gw baru ngebuka file-file ini lagi, sekarang.
Gending Sriwijaya, tarian asli kerajaan Sriwijaya
Buka buka file itu, gw nemu teks lagu Gending Sriwijaya yg complete version. gw baca syairnya, dan gw terhenyak. ini membangkitkan lagi semangat menganalisa, semangat berandai-andai dari dlm diri gw yg udah lama terkubur. *lebay* btw gw dulu pernah pengen jadi arkeolog, pengen jadi sejarahwan. gw pengen neliti ttg kerajaan Sriwijaya yg mahamegah itu. beberapa kali gw mikir, kenapa sampe Sriwijaya yg konon megah banget sekarang ga ada bekasnya sama sekali, ga ditemukan reruntuhannya sama sekali.. padahal semua orang tau kalo candi Borobudur yg super gede itu adalah hadiah dari Sriwijaya untuk Majapahit. bayangin deh, ngasih hadiahnya aja segede Borobudur??? gimana istananya Sriwijaya sendiri coba? betapa kaya negeri Sriwijaya itu kan? tapi mana?? Palembang pusat Sriwijaya, tapi mana sisa sisa nya, mana reruntuhannya, mana? gw ga liat apa-apa disini. apa mungkin Sriwijaya cuma kerajaan ilusi dg lokasi dan peninggalan yg ga terdefinisi? pertanyaan itu yg nganjel pikiran gw dari jaman gw kecil.

    '' Di kala ku merindukan keluhuran dulu kala
    Kutembangkan nyanyian lagu Gending Sriwijaya
    Dalam seni kunikmat lagi bahagia Indonesia
    Kuciptakan kembali dari kandungan Sang Maha Kala
    Sriwijaya dengan Asrama Agung Sang Maha Guru
    Tutur sabda Dharmapala sakya Khirti dharma khirti
    Berkumandang dari puncaknya Siguntang Maha Meru
    Menaburkan tuntunan suci Gautama Buddha sakti

    Borobudur candi pusaka di zaman Sriwijaya
    Saksi luhur berdiri teguh kokoh sepanjang masa
    Memahsyurkan Indonesia di daratan se-Asia
    Melambangkan keagungan sejarah Nusa dan Bangsa
    Taman Sari berjenjangkan emas perlak Sri Kesitra
    Dengan kolam pualam bagai di Sorga Indralaya
    Taman puji keturunan Maharaja Syailendra
    Mendengarkan iramanya lagu Gending Sriwijaya.
''

satu hal lagi, dari teks lagu di atas kita bisa liat nama Taman Sari dan kolam pualamnya di sebut sebut. Indralaya juga disebut-sebut. Siguntang Mahameru juga disebut sebut. yg bisa gw jelasin cuma satu, Siguntang Mahaneru adalah daerah tertinggi di kota Palembang, yg pada jamannya dahulu memungkinkan untuk memantau seluruh kota Palmbang dari puncak bukit Siguntang. Siguntang Mahameru pada jaman Sriwijaya adalah pusat pendidikan dan penyebaran agama Budha, kemasyuran Bukit siguntang ini menggema sampai daratan cina loh. ini terbukti dari literatur literatur kuno bangsa tsb.
Sigutang Mahameru
yg paling menarik bagi gw adalah tentang Taman Sari dan kolam pualamnya, FYI gw tumbuh besar di daerah sekitar itu, daerah talang ratu. sekolah gw bahkan malah di daerah taman sari itu. dan dari guru guru SMP gw pernah denger kalo Taman Sari dulunya adalah pemandian puteri puteri Siwijaya. tapi sampe sebelum gw baca ni syair lagu, legenda tempat pemandian putri itu gw anggep sebagai isapan jempol doang, dongeng doang. tapi apa ternyata, syair lagunya jelas jelas bilang  Taman Sari berjenjangkan emas perlak Sri Kesitra, dengan kolam pualam bagai di Sorga Indralaya. see what? ini beneran mendukung omongan guru gw dulu dong, kalo Taman Sari itu adalah benar tempat pemandian para tuan puteri Sriwijaya. waaaaah!!! do you know Taman Sari? yg belom tau.. simplenya, saat ini Taman Sari adalah Punti  Kayu.

Punti Kayu a.k.a. Taman Sari
Punti kayu sendiri, sebetulnya bernama jadi punti kayu pas tahun1990. sebelumnya ya namanya memang Taman Sari. Punti Kayu yg ada saat ini adalah hutan pinus dalam kota terbesar se-Indonesia. gw beberapa kali nanya bokap mengenai pohon-pohon pinus tua yg ada disana, "pap, ini pohon-pohon emang ditanem apa gimana ya? apa emg dulunya program pemerintah untuk reboisasi?" dan bokap gw jawab, "entah dek, yg jelas dari jaman papa kecil dulu bentuknya udah gitu. pohon pohon di hutan itu dari dulu emng udah segede itu." jawaban bokap ga melegakan hati gw sama sekali, alhasil gw googling dan ketemu web resmi punti kayu, tapi ga ada penjelasan sama sekali tentang sejarah punti kayu. gw googling lagi dan akhirnya nemu web pariwisata Indonesia, disana ditulis kalo Punti kayu adalah Natural Pine Forest. hutan pinus alami. hutan pinus alami....!!!! artinya apa? artinya Taman Sari itu bisa jadi dulunya daerah pegunungan. kenapa gw bilang gitu? soalnya pada tau kan kalo tumbuhan berdaun jarum (pinus, cemara, kecuali kaktus) adalah tumbuhan yg habitatnya aslinya adalah di dataran tinggi? dan lagian kalo dipikir, kalo dulu emang Taman Sari adalah tempat pemandian para puteri, otomatis Taman Sari adalah tempat yg punya mata air dong? dan daerah yg paling memungkinkan utk punya mata air adalah daerah dataran tinggi.  diliat dari kontur georgafisnya pun Punti Kayu adalah daerah berbukit-bukit yg konturnya naik turun (gw tiap hari pulang-pergi lewat sana). CMIIW, ini cm analisa bego-begoan doang dari gw.

waah sebetulnya banyak banget pemikiran pemikiran rada freak dalem kepala gw, gw orangnya emang aneh dan suka mikirin hal hal yg ga orang lain pikirin. cuma post ini udah kepanjangan dan harus segera di akhiri, besok besok kita cerita lagi ya, tentang bagaimana Palembang menyisakan sejuta misteri bagi saya.



    

1 comments on "Palembang Punya Misteri"

BeluBelloBelle on Senin, 17 September, 2012 mengatakan...

bacaan yg menarik teman, hehe
kalau pengen jadi arkeolog berarti bnyak bgt ya data yg masuk ke otaknya, waaawww...hebat semoga berhasil. Mmm kalau gak berbekas pernah kepikiran gak kalau istana itu ga sll besar. krn sepengetahuan saya, banyak nama beberapa kerajaan besar indonesia ternyata istananya ga besar2 amat malah ada yg sepetak saja, tapi mrk punya masyarakat yang berkembang :) -- kalau kamu giat pasti bisa dapet jawaban dr pertanyaan di sisa2 majapahit. Manusia2 kerajaan sriwijaya itu senang sekali hidup membaur dengan rakyatnya. Selamat mencari teka-teki ya, semoga berhasil. Suatu hari di masa datang kalau ada jodoh kita ketemu pasti ketemu deh.

Senang baca blognya, terus menulis ya (^___^)

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon