Sabtu, 18 Mei 2013

pendidikan atau karir?


Pendidikan dan Karir. ini adalah hal yang membuat saya tidak bisa tidur nyenyak bermalam- malam. membingungkan dan membuat galau. dua duanya menggiurkan bagi seorang fresh graduate yang belum ada juntrungan seperti saya. karir adalah satu hal dengan pride, kebanggaan. karir dalam masyarakat dijadikan tolak ukur kesuksesan dan prestasi, juga kemodernan suatu kaum. yang terpenting,  career makes money! hahaha. sedangkan pendidikan adalah lifetime investment dengan NPV* dan ROI ** yang tidak jelas nilainya. mungkin bisa dinilai, tapi nilainya abstrak. hehehe. 

 kenapa saya bilang pendidikan adalah investasi seumur hidup? karena seandainya pun ijasah dari pendidikan itu tidak terpakai, tapi pendidikan berpengaruh pada pengembangan diri kedepannya. pendidikan membawa kita menjadi pribadi dengan daya analisis yang tajam, pengetahuan yang luas, prespektif yang lebih baik dari beragam sudut, kemampun problem solving yang lebih terstuktur dan skill sebagai decision maker yang mumpuni. apa yang membedakan antara orang yang (maaf) cuma tamat SMP dengan seorang sarjana? pola pikir.

saya mempunyai harapan untuk bisa menjalankan tugas saya sebagai wanita secara utuh, sebagai istri untuk suami masa depan saya dan ibu bagi anak-anak saya kelak.  sebelum anak-anak duduk di bangku sekolah, mereka akan lebih dahulu berinteraksi dengan ibu mereka. ibu adalah sekolah yang pertama untuk anak-anaknya. mendidik anak-anak menjadi generasi cerdas diperlukan ibu yang juga berpengetahuan. menjadi istri yang baik yang mampu bertukar pikiran dengan suaminya dan memberikan masukan-masukan yang membangun juga lebih mudah dilakukan oleh istri yang berpendidikan. seandainya nanti nasib ternyata berujung menjadi seorang ibu rumah tangga.. ibu rumah tangga berpendidikan tinggi adalah ibu rumah tangga yang super hahaha. super Mom. apa coba haha

dari aspek keagamaan, dalam agama saya manusia diwajibkan belajar dari lahir hingga sampai tiba saat mati. agama saya menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu. ups! saya lupa bilang kalo pendidikan itu menunjang karir ya... jangan lupa hehehe. dalam proses "pendakian" karir, pendidikan kerap dijadikan persyaratan. 

so, membangun karir atau pendidikan yang akan didahulukan? selama punya kesempatan, dan kemampuan masih ada, sebisa mungkin saya pilih pendidikan dulu. 

 balik lagi semuanya sudah digariskan, telah terlulis di lauhul mahfuz jauh sebelum  kita lahir. selamat memilih. semoga sukses, untuk kita semua :)


* Net Present Value
**Return of Investment

2 comments on "pendidikan atau karir?"

Unknown on Minggu, 19 Mei, 2013 mengatakan...

Boleh juga pemikirannya..
Semangat bil..
Malem2 gini posting euy..

alibardadi on Minggu, 26 Mei, 2013 mengatakan...

ada yang galau :P semangat cuyyy jenjang karir itu bisa diloncatin dgn pendidikan :)

 

Precious Caprice! Copyright © 2010 Proper Gift is Improved by Nabila Ibrahim for Precious Caprice Flower Image by Dapino Header effect an template color By Ipietoon